Oct 29, 2013

I'm not running, no not running~ I'm not running, no not running~ (part 2)

{halo! dan pada saat tulisan bagian ini diketik, gue nangis lagi karena inget semuanya lagi :’) –iya, penulisnya cengeng memang -.-}

hari H.

bangun pagi jam 5:15. supir taksi udah dateng, padahal janjinya 5:45 :)) 
iya ngga bisa dianter orangtua pas ke kampus Kenari, karena ada yang kerja :p 
(meskipun pengen banget dianterin) 
jalan dari rumah jam 6 pagi. udah rapih kemeja putih, rok hitam panjang, sepatu hitam dan tas penuh perlengkapan perang.... 
lalu pamit ke Ibu. 
dianter sampe depan pintu rumah. 
niatnya, ini kepala mau nengok lagi liat muka Ibu, tapi apadaya mata udah penuh sama airmata x) jadi langsung masuk taksi aja :’) 

gue sih yakin-se-yakin-yakinnya, supirnya pasti bingung gue kenapa masuk taksi langsung nangis x’)) setelah udahan nangisnya, lanjut belajar di taksi~~~

(note: rute taksinya: tol dalam kota, ambil arah bandara, turun di rawamangun. setelah lampu merah pertama lurus terus langsung ambil kiri. lanjut lurus teruuuuuuuuus sampe masuk terowongan. ambil jalur kanan karena ke arah salemba. aetelah lampu merah pertama nanti keliatan FKUI, ambil jalur kiri, ga jauh dari situ ada pasar kenari. cari Jl. Kenari 2, masuk ke gang. Lokasinya ada di sebrang alfamart :3)

nyampe kampus Kenari 6:30, nyariin Regy dan temen-temen Kalimalang yang lagi duduk sambil belajar atau sekedar ngobrol ringan (biar ga deg-deg-an) terus sekitar jam 7-an ada pengumuman daftar mahasiswa/i yang harus foto ulang untuk ijasah. 

7:30 naik ke lantai 5 untuk penguman pengarahan masalah ijasah, dosen penguji, dll~~~ 
kira-kira satu jam nunggu semua mahasiswa kumpul baru dimulai pengarahannya.

dan, saatnya menunggu giliran sidang~~~

kampus Kenari ada 8 lantai, dan dari lantai 5 tempat pengarahan, gue menuju lantai 6. 
tempat dimana semua penguji udah ada disitu ._. 
sambil nunggu giliran, sambil cari-cari informasi dari yang udah masuk duluan sebelumnya ._.

karena lama banget nunggu giliran dan udah ngga nafsu liat materi, gue iseng nyalain hp. 
lalu sms Ibu 
“aku lagi nunggu giliran sidang. semoga pengujinya ngga susah.” 

dan ngga lama di bbm Ibunya Regy “udah mulai nak?” 
dan langsung gue bales 
“lagi nunggu giliran sidang, mohon doanya ya tante :’’)” 

karena gue takut lupa materi dan malah main hp, akhirnya gue matiin. 
10 menit kemudian gue nyalain lagi karena iseng. 
disitu udah ada sms balesan dari Ibu 
“jangan lupa berdoa dan ngga usah takut.” 

.......langsung matiin hp lagi dan mata mulai basah. diliatin sama yang lainnya.. :))

kira-kira jam jam 11 lewat akhirnya giliran gue. begitu masuk langsung liat 3 penguji:

Rekayasa Perangkat Lunak 1: Wahyu Kusuma Raharja, Dr
Pemrograman Web: Tubagus Maulana Kusuma, Dr.,MEngS
Teori Bahasa & Otomata: Muhammad Yamin, Dr.,Ing

langsung dimulai ke bapak RPL1. orangnya terlihat ramah, baik~~ 
tapi begitu ditanya “kamu belajar apa aja di RPL?” 
dan gue jawab sesuai materi “tujuan, fase-fase, model,dll” 
langsung diceplos “itu kan cuma bab awal, bab terakhirnya gimana?” 
terus langsung ditanya lagi siapa nama dosen, kenapa cuma belajar dasarnya, dll, dsb~~ sampai akhirnya kira-kira 5 menit kemudian dia nanya “cara bikin sebuah aplikasi website sebuah bank gimana? apa aja yang dibutuhin? bikinnya pake apa?” ..............

blank.

sungguh, kepengen nangis sama pengen senyum manis meringis itu syusyah -_-

tapi akhirnya gue jawab “bikinnya melalui fase-fase (yang lalu gue jelasin), bikinnya pake html.”
lalu dilanjut lagi “kalau pake database? pake apa?” 
sebenernya sih pengen nanya “Pak, ini udah gabung sama pemrog-web ya?” 
tapi akhirnya gue jawab “php, Pak. eh, mysql, Pak.” 
dan dilanjut dengan “kamu yakin? emang kaya gitu caranya?” 
dan segala statement dan pertanyaan yang bikin gue ragu-ragu cuma bisa bilang 
“iya, Pak, setahu saya sih begitu.” 
diakhiri dengan “yaudah deh, lanjut ke penguji selanjutnya.”

 .......T_T gue shock disuruh udahan hahaha
karena gue ngerasa jawaban gue cuma sedikit banget dan kayanya salah T_T

lalu lanjut ke bapak Pemrog-Web. 
tanpa basa-basi, dia langsung nanya “anda tahu bedanya client side programming dan server side programming?” 

....:)) materi ini baru gue pelajari 3 hari sebelumnya karena selama dikelas pemahaman materi ini cuma sedikit banget. jadi gue jawab semampunya. 
eh ternyata~~~ pertanyaan berkembang dan meluas dari materi~~~~ 
sebenernya gue sendiri pun hampir ngga ngerti sama pertanyaannya yang semakin meluas, tapi bapaknya baiiiiiiiik banget :”””) 
jadi dikasih clue kalo ngga bisa jawab, kalo salah jawab pun dia akan bilang “bukan yang itu. coba dipikir lagi.” sampai akhirnya bener :”) 
dan pertanyaan meluas ke instruksi mysql lalu pindah ke CSS dan pengertiannya. 
meskipun gue sendiri ngga terlalu paham materi client-server, tapi gue optimis lulus mata kuliah ini :’3
bersyukur banget ngga disuruh ngoding web ditempat. berdasarkan dari cerita yang udah sidang sebelumnya, rata-rata pemrog-web disuruh ngoding ditempat. entah di papan tulis, kertas atau langsung di laptop. /long sigh~~~~~~~/

dan yang terakhir, yang ditunggu-tunggu~~~ TBO. 
gue bener-bener yakin banget sama mata kuliah ini karena kebanyakan ngga ditanyain teori, tapi langsung berhitung bikin graf. dan yang alhamdulillah nya lagi, bapaknya baiiiiiiiiiiik banget. 

langsung kasih soal “buat AHD dari (abc)^n d ; n=1,2,3,.......” 
kira-kira 10 menit gue selesai, dan langsung diperiksa bapaknya. jawabannya pun dibenarkan, meskipun gue terlalu rumit untuk menjelaskan jawaban gue sendiri saat itu :))

keluar ruangan jam 11:50, langsung menuju lantai 1 lagi nyari temen-temen yang lain.
gue yang kelabakan nyari Regy diantara sekian banyak orang dan mata burem ini (-_-) begitu liat Regy langsung nangis......................................................................................T_T 
mostly, karena gue kesel dan ngerasa gagal banget di RPL1. 
kecewa sama diri sendiri selama sidang RPL1 sebelumnya. 

diliatin ngga sama orang-orang? oh................... tentu. hahahahahaha~~
dan langsung solat dzuhur, dan nangis lagi selama solat. huft.

selesai solat langsung ngobrol sama yang lain, masuk lagi ke dalam kampus. semuanya duduk di lantai bawah nunggu pengumuman. 

masih bisa ketawa? 
masih. x)) 

begitu jam 2, dan mulai ada suara kresek-kresek microphone, langsung diem seruangan. 


pembagian pengumuman dibagi jadi 2 gelombang. 
gelombang pertama, sekitar 20-an udah pada dipanggil. 
kepala mulai nunduk, dzikir... :’p 
ngga lama kemudian 2 orang dari temen sekelas: teteh allyza & Regy mulai dipanggil. 
begitu mereka dipanggil, mulai nangis sedikit karena takut ngga dipanggil :’/ 
kira-kira 10 orang kemudian baru legaaaa~~ nama gue dipanggil. 
naik ke lantai 2, masuk ke ruangan yang lumayan gede, disuruh baris.
barisan cewe di depan dan cowo di belakang. 
gue langsung nyariin teteh & Regy ada di barisan mana, lalu lanjut dzikiran lagi.

sampai akhirnya kira-kira 120an yang dipanggil untuk gelombang pertama & alhamdulillah setengah dari temen-temen Kalimalang masuk semua :3 
lalu basa-basi pengarahan kalo lulus/lulus bersyarat/tidak lulus (yang kita semua udah paham banget). 

dan dilanjut dengan pembagian 120an mahasiswa/i menjadi........... 3 kelompok. 
sebelum pembagian kelompok, gue udah feeling “kayanya, lulus semua deh.” 
tapi, keinget omongan temen gue pagi sebelum sidang... “optimis sama takabur beda tipis.” mbrebes lagi air mata disini -_- 

lalu lanjut dzikiran sambil nunggu nama dipanggil. 
(iya, banyak kok yang dzikiran dan berdoa di dalem ruangan) 
kelompok 1 ngga ada nama gue. k
elompok 2 banyak yang gue kenal dan dari Kalimalang pada dipanggilin. 
dan sampai akhirnya kelompok 3 nama Regy, gue dan teteh dipanggil bareng sama yang lainnya.

to make it short, alhamdulillah 3 kelompok lulus semuaaaaaa :”)
iya, disini langsung nangis lagi. ngga pake ditahan-tahan. udah ga peduli mau malu apa ngga. :))

keluar ruangan, ambil blanko bayaran untuk bayar wisuda (asik!) 
terus turun ke lantai 1. 
ketemu anak-anak Kalimalang lainnya yang belum dipanggil lalu dibilang “aduuuh, cengeng amat sih nangis mulu” :))

daaaan~~~~ keluar gedung langsung~~~~~ foto-foto~~~
(sambil nunggu yang gelombang kedua)

rasanya sih percaya ngga percaya kalo udah lulus hahahahah x))
yang pasti sih lega, banget. alhamdulillah.
dan, begitu keluar ruangan di lantai 2, tangan bawaannya udah mau nyalain hp aja terus sms Ibu
“Aku lulus, alhamdulillah” iya, masih nangis disini. 
terus pas udah diluar gedung baru baca balesan sms Ibu 
“Alhamdulillah, terimakasih ya Allah.” ................nangis lagi :))

lalu foto-foto lagi :))
30-45 menit kemudian, gelombang kedua udah keluar, dan alhamdulillah Kalimalang IT09 lulus semuaaaaaaaaa :””) jangan lupa foto-foto lagi full-team Kalimalang~ 
yang dimana gue ngga ada datanya tapi ._.


dan selama perjalanan pulang, beban di pundak udah lepas, lega, bebas, ringan, dll dll. 



:)


sampe tanggal 29/10-13 alhamdulillah udah ngurus semuaaaaa buat keperluan daftar wisuda, meskipun ribet harus bolak-balik sana-sini~~~ :3
ngga sabar nunggu 8 Desember (asik!!)


xoxo,
Tannya Cantiqa, S.T. :) (cieeee~~~~)